Oct 13, 2011

Pin It

Manipulasi foto: Monas yang roboh dan terkubur salju

Gambar ini adalah gambar rekayasa dengan photoshop. Dalam tutorial ini akan dijelaskan tentang cara membuatnya, apa saja yang dibutuhkan, serta tool apa saja yang digunakan. Umumnya, untuk merekayasa suatu gambar, dibutuhkan gambar lain yang sesuai dengan
kebutuhan.
Lihat juga Tutorial  sebelumnya tentang manipulasi gambar.






PDF File Download  
(Password : grafisae.com)
Image 01 Image 1 | image 2
Image 02 Image 3 | Image 4
Image 03 Download (save link as / save image as))

  • Siapkan gambar monas yang ada didalam image source. Jalankan program photoshop, kemudian buat file baru, dengan ukuran 36 x 27 cm, atau ukuran yang sesuai menurut anda.
  • Copy paste gambar tersebut ke dalam lembar kerja, kemudian potong dan atur ukuran dan posisinya. Selanjutnya mengubah warnanya menjadi hitam putih. Pilih menu image - adjustments - Black & white - Ok. Lihat gambar berikut ini.
 
  • Buka file gambar selanjutnya. Gunakan eraser tool untuk menghapus bagian atasnya (lihat contoh gambar)

  • Beralih ke gambar monas, sembunyikan (hidden layer) gambar puncak monas (yang ada emas di ujungnya). Kemudian buka file selanjutnya. Perhatikan yang berwarna merah pada gambar 1, copy bagian tersebut kemudian duplikat menjadi tiga. Atur seperti gambar 2, kemudian gabung ketiganya menjadi satu layer. Kemudian hapus bagian pinggir dengan menggunakan eraser tool

  • Langkah selanjutnya, letakkan gambar tersebut di atas gambar monas. Atur posisinya dan sesuaikan ukurannya dengan ukuran gambar monas. Kemudian, aktifkan kembali layer monas, pilh menu select - load selection - ok. 
  • Menghapus bagian luar area selection. Caranya: Area selection masih aktif, kemudian aktifkan layer yang akan dihapus. Selanjutnya, pilih menu select - inverse, lalu tekan Delete untuk menghapus. Lihat gambar di bawah ini.

  • Ubah opacity layer menjadi 50 % .Gabung keduanya menjadi satu layer dengan merge layer. hasilnya menjadi seperti ini

  • Kembali pada gambar salju sebelumnya (poin tiga di atas), gabungkan gambar tersebut ke dalam lembar kerja. Lihat gambar berikut ini.

Buka gambar berikutnya.
Gambar A : Buat warna hitam putih. Atur letaknya pada layer paling paling bawah.
Gambar B : Hapus dengan eraser, diameter dan hardness-nya disesuaikan.Hasilnya menjadi seperti ini.
Tampilkan kembali gambar monas kedua (emas) yang disembunyikan tadi. Selanjutnya buka gambar lainnya (image source). Kemudian buatlah seperti ini.
Gunakan Lasso tool untuk mengapus (memotong) bagian tertentu
Letakkan seperti ini
Tampilan keseluruhan
Untuk membuat agar warnanya sama, gunakan brightness & contrass, curve (CTRL M) dll.
Selanjutnya, lihat keterangan gambar di bawah ini
gambar yang ditambahkan dan bagian yang perlu dihaluskan

Agar potongan lebih halus, saat menghapus (dengan eraser), Sesuaikan diameter dan hardness, Atur opacity layer, brightness/contrass agar sesuai.

Catatan :
Hasil anda Mungkin tidak sama seperti tutorial ini dan saya sarankan memang tidak usah sama persis, kalau bisa lebih bagus lagi dari tutorial ini. Silahkan gunakan tool lain yang anda kuasai

Jika sudah selesai (seperti gambar di bawah ini). Silahakan simpan dalam format jpeg. Jangan lupa simpan juga file asli dalam format PSD. 
Menambahkan Efek Filter.
Buka file jpeg yang sudah disimpan tadi, Pilih menu Filter - Artistic - watercolor. setting sebagai berikut : Brush Details: 14, Shadow intensity: 1, Texture: 1.


Hasil akhirnya seperti gambar ini.
Selesai.

3 comments:

  1. Terima kasih atas ilmu photoshopnya... memang web bagus untuk belajar photoshop

    ReplyDelete
  2. keren abis editannya...
    cocok bgt nih tutornya buat yg pengen jadi master photoshop..

    ReplyDelete
  3. pake cara seperti itu ternyata bisa juga to?lumayan nih tambah ilmu lagi
    makasih tutorial photoshopnya

    ReplyDelete