Oct 20, 2011

Pin It

Memaksimalkan Tool Photoshop Bagian 4

Ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya tentang 'memaksimalkan tool photoshop'. (lihat Bagian 1,Bagian 2 dan Bagian 3 ).Pada bagian ini (bagian 4) akan menguraikan atau membahas mengenai cara membuat Photo Frame atau Bingkai foto yang digunakan untuk mempecantik foto. Mungkin hasilnya sederhana dan kurang maksimal, karena hanya menggunakan satu atau beberapa tool saja tanpa
menambahkan objek (gambar lain) . Tapi bukan itu poinnya, akan tetapi 'dengan hanya' memanfatkan tool yang ada, kita bisa mempelajari bagaimana cara membuat/menciptakan deain yang menarik.

Name TutorialMemaksimalkan Tool Bagian 4 : Custom Shape ToolLink

AuthorgrafisaeDownload PDF
(password : grafisae)

CategoryMudah, Sedang

SoftwareAdobe Photoshop CS



Berikut langkah-langkah dalam pembuatannya:
  • Buat New File ,ukuran 21x32cm (100px/inch) atau sesuai keinginan anda masing-masing. Kemudian pilih Tool Custom Shape Tool, setelah itu klik kanan di atas lembar kerja dan pilih ornaments. Untuk memunculkan menu ornamnets, Klik ikon segitiga sebelah kanan. Jika sudah pilh salah satu ornamen yang tersedia. Lihat gambar di bawah ini
Custom Shape Tool

Klik ikon segitiga (kanan atas) untuk memunculkan pilihan menu

Note: Anda Bisa membuat dengan ornaments berbeda  sesuai selera masing-masing. Untuk memudahkan langkah selanjutnya, kita RASTERIZE terlebih dulu shape (ornament) yg sudah kita buat tadi. Caranya, pada layer shape (ornament) berada, klik kanan - pilih Rasterize.

Langkah berikutnya: Duplikat ornament tadi menjadi 4 (empat).Caranya bisa dengan duplikat layer (pilih menu layer - duplikat layer).Atau Dengan cara drag mouse, ada dua cara menduplikat dengan cara ini. Untuk cara cepat atau shortcut dalam photoshop lainnya sudah pernah saya bahas dalam postingan sebelumnya.
  • Cara Pertama : Posisi layer yang aktif adalah yang akan diduplikat  Klik dan tahan , kemudian drag ke arah ikon ‘new layer’ yang tempatnya di bawah tab layer.
    Move tool
  • Cara Kedua :  Tekan dan tahan tombol Alt , kemudian drag ke bawah atau ke atas, agar lurus sejajar, gunakan bantuan tombol Shift (tekan tombol Alt Shift sekaligus dan tahan, lalu drag ke atas atau ke bawah).Pada Langkah ini posisi kursor yang aktif harus pada Move Tool.
  • Setelah itu, gabung keempat ornament tadi menjadi satu layer, caranya pilih semua layer ornament yang akan digabung (sama dengan cara memilih file atau folder di windows explorer yaitu dengan batuan tombol Shift). Setelah itu tekan CTRL E.
Gambar 2

Membuat kotak persegi panjang dengan  Rectangular Marquee Tool
  • Buat Layer baru kemudian buatlah area selection persegi panjang, kemudian beri warna (fill color) hijau. Atur keduanya (ornament dan kotak) seperti gambar diatas (gambar 2).Selanjutnya: Gabung (merge layer) seperti cara sebelumnya, duplikat lagi layer yag sudah digabung tadi menjadi 3 atau secukupnya, atur seperti gambar di bawah ini.

Catatan : Sesuaikan dengan lembar kerja anda masing masing
Duplikat lagi dan atur menjadi seperti ini. Untuk Memutar objek, gunakan fungsi menu transform. Setelah itu atur seperti gambar di bawah, dan kembali kita gabung (merge layer) semuanya (kecuali background) menjadi satu layer.

Menerapkan beberapa Efek.
  • Buka menu Filter - Artistic. - Dry Brush (lihat gambar untuk seting dan hasilnya)
Efek Dry Brush

  • Selanjutnya efek bevel & emboss, pilih menu Layer-Layer style - pilih bevel and emboss, atau klik kanan pada tab layer yang akan kita beri efek, pilih blending option - pilih bevel and emboss
efek bevel & emboss

Hasil efek bevel & emboss

Next,Tambahkan garis hitam dibagian dalamnya. (anda bisa membuatnya secara terpisah dengan menggunakan pensil tool atau bisa langsung dengan layer efek ‘strokes’

Crop/potong bagian pinggirnya agar tidak kelihatan tebal,lihat gambar, warna orange adalah bagian yang dihilangkan.
Hasil Akhir

Untuk membuat warna berbeda seperti gambar di bawah, caranya sebagai berikut :
Pertama, ubah dulu menjadi hitam putih ( menu image - adjustments - black & white). Setelah berubah warna menjadi hitam putih, ubah kembali warnanya dengan menggunakan Color Balance atau  menggunakan hue & saturation. Lihat caranya pada postingan tentang manipulasi liquid

4 comments:

  1. sy sangat berterimakasih dengan adanya blog ini,ilmu tentang desain sya bertambah,,,tq

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas ilmu photoshopnya.. web bagus untuk belajar photoshop

    ReplyDelete
  3. menghilangkan kerutan
    makasih banyak atas infonya
    oww iya salam kenal gan
    jangan lupa kunjungan baliknya gan

    ReplyDelete
  4. request plugins keren untuk photoshop dong..!

    ReplyDelete