Nov 13, 2011

Pin It

Desain Abstrak Batik

Secara berurutan, gambar-gambar diatas merupakan desain yang dihasilkan/dibuat  dari satu objek saja. Desain seperti ini sifatnya abstrak, karena kita tidak bisa membuat desain seperti itu lagi sama persis, Dan Mungkin juga hasil dari temen-temen tidak akan sama seperti yang ada di tutorial ini  dan mungkin bisa lebih bagus dari ini (amin).




Sekilas jika melihat gambar-gambar di atas, mungkin pertanyaan yang timbul adalah Bagaimana cara membuatnya, atau berfikir Pasti sulit untuk membuatnya. Sebenarnya mudah alias gampang. mungkin yang sulit adalah ide atau imaginasi untuk membuatnya (semoga anda tidak bermasalah dengan imaginasi atau kreatifitas, hehehe).

Kesimpulannya, dengan cara yang sederahana (cara mudah) kita bisa menghasilkan desain yang kelihatannya sangat sulit untuk membuatnya atau Dengan cara minimalis kita bisa menghasilkan sesuatu yang maksimalis (maksimal maksudnya)


Seperti tutorial sebelumnya, ini juga tergolong mudah dan simpel karena prosesnya relatif cepat dan menggunakan sedikit tool dan efek. Dan gambar-gambar di atas adalah contohnya.
Mungkin kita tidak akan menyangka bahwa gambar/desain tersebut awalnya adalah suatu gambar atau sekedar coretan biasa saja. Namun dari situ kita bisa membuat  berbagai macam bentuk atau gambar misalnya kain batik seperti contoh diatas

STEP 1
  • Buat file baru dengan ukuran sesuaikan keinginan anda masing. Kemudian buatlah (dengan Pencil/brush tool) coretan seperti contoh di bawah ini.

Note : Perlu untuk diketahui, hasil akhir tidak harus sama dengan yang yang ada di tutorial ini karena  gambar/coretan awal anda mungkin juga berbeda baik corak dan warnanya

  • Selanjutnya: Pilih/buka menu Filter dan pilih Artistic - Cutout. Tab setting : Number of Levels = 8, Edge Simplicity = 9, Edge Fidelity = 2. Atau sesuaikan dengan desain anda.

  • Hasilnya seperti gambar di bawah ini

  • Langkah selanjutnya adalah mengubah warna dengan menggunakan Hue/Saturation. Pilih Menu Image - Adjustments - Hue / Saturation. Lihat gambar. (Atau sesuaikan dengan selera anda masing-masing)


  • Selanjutnya. menambahkan efek Poster Edges, Buka menu Filter-Artistic -Poster Edges. Dengan Setting seperti berikut: Edge Thickness=2,  Edge Intensuty =1,  Posterization =2
Setting 'Poster Edges'

Hasil dari efek Poster Edges

Setelah langkah-langkah di atas, objek atau desain awal sudah selesai kita buat.Kemudian simpan dengan ekstensi Jpeg atau PNG. Kenapa? Karena yang akan kita edit selanjutnya adalah file dengan ekstensi tersebut. Dan jangan lupa simpan juga dengan ekstensi file PSD sebagai dokumen aslinya.

STEP 2
Buka file jpeg atau PNG yang sudah kita simpan tadi. Selanjutnya akan kita buat beberapa desain menggunakan gambar tersebut.
Di sini saya membuat Tiga (3) desain yang berbeda  seperti gambar di bawah ini
satu objek gambar menjadi 3 Gambar berbeda

Desain Nomor 1 : Menggunakan Efek  Pinch
Menu Filter - Distort - Pinch dengan Amount = 100 %
Hasil Efek PINCH

Selanjutnya tekan CTRL F 2x untuk memberi efek Pinch tersebut sekali lagi.Dan Hasilnya seperti gambar di bawah ini.
Hasil  2x efek PINCH
Catatan :
CTRL F fungsinya adalah untuk mengulang efek yang telah diterapkan sebelumnya. Dan hanya berfungsi jika efek-efek tersebut menggunakan efek dalam menu Filter. Untuk shortcut atau cara cepat dengan keyboard bisa lihat di postingan sebelumnya

Desain 02 :  Menggunakan Efek WAVE ( Menu Filter - Distort - Wave) 
Keterangan :
Number Of Generator : 5
Wavelength   Min :99, max :99
Amplitude :   Min : 30 Max : 30
Hasil penerapan efek WAVE

Sama seperti langkah sebelumnya, gunakan CTRl F Dua kali (2x)
Gunakan Inverse untuk merubah warnanya  menjadi seperti ini (Menu Select - Inverse) atau Ctrl I
Inverse image

Desain 03 :Menggunakan Efek Polar Cordinates
Buka menu Filter - Distort - Polar Cordinates. Set / centang Polar To Rectangular Tekan

CTRL F, dua atau beberapa kali sampi didapat hasil yang sesuai.
1x Ctrl F
2x Ctrl F

Langkah Terakhir, Crop atau potong gambar yang telah selesai kita beri efek Polar coordinates tersebut. bagian yang diblok hitam adalah bagian yang di hapus/potong (Lihat gambar)

Bagian Hitam yang di croping
Hasil akhir

SELESAI dan Simpan (save as) hasil kerja anda dengan nama baru, SELAMAT MENCOBA.

No comments:

Post a Comment