May 1, 2012

Pin It

Bali Dancer : Edit foto dengan Photoshop

Tutorial kali ini akan mempelajari bagaimana mengedit suatu foto. Dan manipulasi foto berikut ini adalah mengedit foto seorang penari bali dengan menambahkan latar belakang ornamen, dalam tutorial ini,dijelaskan secara detail dan lengkap step by step mulai dari gambar awal hingga menjadi gambar seperti pada gambar di samping.

Secara garis besar, tutorial ini adalah menggabungkan beberapa objek hingga menjadi gambar atau desain yang lebih menarik. Dalam Istilah populer disebut Manipulasi Foto. Lihat tutorial tentang manipulasi foto lainnya di sini

STEP 1 
Download image source-nya di sini. Atau silahkan gunakan lain sesuai keinginan. Jalankan program Adobe Photoshop, kemudian Buka file gambar dancer 


Gambar ini sudah saya edit dan menggantinya dengan background putih. Untuk menghapus background warna putih tersebut gunakan magic wand tool. Catatan : < Sebelum menghapus background, ubah background (layer) menjadi layer atau biasa disebut Layer From background. Caranya klik dua kali pada background (layer) kemudian OK. Atau Klik kanan pilih layer from background – OK. Layer 0 (nama layer) bisa anda ganti sesuai keinginan
 Membuat background warna hitam : Buat new layer dengan fill color warna hitam (atau warna lainnya). Atur Posisi layer paling bawah.


Mengatur image : Dengan memberi efek sharp . Buka menu Filter- sharpen - unsharp mask. Atur tab setting : Amount =80%, Radius = 80 pixels,  Threshold=5 levels. (jika menggunakan gambar  lain dengan ukuran berbeda, Atur dan Sesuaikan settingnya )

 STEP 2
Adalah membuat objek / gambar seperti di bawah ini


Langkah ini agak sulit karena dibutuhkan kesabaran dan ketelitian ( istilah bahasa jawa : njlimet). Gunakan polygonal lasso tool untuk membuatnya. Atau bagi yang menguasai Corel Draw, silahkan buat di Corel Draw saja agar lebih mudah.
Selanjutnya menghapus bagian tertentu seperti gambar di bawah ini

Perhatikan gambar kedua. Langkah ini dimaksudkan untuk memberi kesan melilit melingkari tubuh si penari. Selanjutnya, pada Layer Style gunakan efek Outer Glow (lihat gambar)

Next. Membuat garis cahaya. Dengan Pencil tool (diameter 5 pixe). Buatlah garis horizontal. Agar lurus, Gunakan tombol shift

Selanjutnya, pilih menu Filter – distort- twirl = angle : 95 (sesuaikan jika menggunakan gambar lain /ukuran gambar berbeda dengan tutorial ini)

Seperti langkah sebelumnya, beri efek Outer glow (layer style). Duplikat (copy) garis tersebut menjadi 3 dan atur seperti pada contoh gambar. Gabung ketiganya dengan Link layer (aktifkan layer ketiganya, klik kanan, pilih link layer.

Garis-garis ini Ada dua bagian (sebelah kanan dan kiri). Untuk sebelah kanan ubah/rotate 180 derajat (gunakan menu transform).Atut posisi layer di bawah layer si penari (di atas background  hitam). Selain itu ubah warna background mengggunakan brush tool (warna merah di kedua sisi)
 STEP 3
Sama dengan step 2 pada poin pertama , dengan menggunakan polygonal lasso tool dan bisa juga menggunakan  dengan corel draw. (objeknya seperti gambar di bawah ini (warna merah)


Duplikat dan ubah dengan warna kuning. Layer Ubah opacity : 40% pada masing-masing gambar. Hapus juga bagian tertentu (sama dengan Step 2)


Selanjutnya menambahkan ornament. Buka file blue-ornament (img src) atau gambar lain yang sesuai keinginan anda .


Seperti gambar di atas. Ornament tadi kita ubah opacitynya  (40%) atau disesuaikan. Hapus juga backgroundnya (warna hitam). Kemudian atur seperti contoh gambar di atas, atau di mana saja menurut anda. Tambahkan pula objek  yang kita duplikat dari objek pada poin selumnya (gambar  merah dan kuning yang menutupi rambut).
Dan ubah warnanya dengan menggunakan menu inverse atau CTRL  I. turposisinya seperti gambar di atas.
 
STEP 4 Pencahayaan. Sebelum ke tahap ini, terlebih dulu simpan project anda dengan file ekstensi PSD  (untuk document aslinya) Kemudian simpan (save as) lagi dengan ekstensi kali ini kita buat jpeg, bmp atau PNG (yang akan kita edit selanjutnya). Kemudian tutup semua (close) project anda yang sudah tersimpan tadi. Buka kembali file dengan ekstensi  jpeg,bmp atau PNG. Copy / Duplikat menjadi 2 (duplikat layer).Posisi Pada  hasil duplikat, pilih menu Image, Pilih adjustments -  Brightness / contrast.  Masing-masing +150 – kemudian OK. Hasilnya seperti di bawah ini
Kemudian, hapus (dengan eraser Tool) bagian-bagian tertentu. Untuk memberi kesan cahaya yang menerpa si penari  atau keseluruhan gambar tersebut.
Untuk lebih jelasnya, gambar di bawah ini adalah bagian-bagian mana yang kita hapus.


Bagian yang berwarna putih adalah bagian yang dihapus.Dan hasilnya terlihat seperti pada gambar berikut ini


STEP 5 FINISHING
Menambahkan efek lain dg gambar Colour_light (img src).Setelah kita buka file gambar Colour_light, copy (masukkan ke lembar kerja). Atur dan sesuaikan ukurannya (transform)


Sama Dengan step sebelumnya (step 4), hapus bagian tertentu (yang menutupi objek utama). Pada gambar di atas, yang berwarna hitam adalah bagian yang dihapus. Ubah layer opacity ke 40%, dan layer type = Hard light (lihat gambar)


Ubah warnanya dengan Hue/saturaton. Buka menu image – adjustments - Hue/saturaton .Ubah parameter Hue ke +180, untuk yg lainnya biarkan default. Kemudian OK.

Selesai.

Gambar Dibawah ini adalah contoh penerapan efek yang berbeda.



Download Tutorial (PDF)

1 comment:

  1. You are a good editor and i will try as your instruction. Thanks clipping path service

    ReplyDelete