May 25, 2012

Pin It

Cara membuat efek foto "penantian anjing" dengan latar belakang langit merah menyala

photo manipulation
Masih tentang tutorial manipulasi foto, kali ini kita akan mempelajari trik lain tentang bagaimana cara merekayasa foto atau gambar dengan teknik yang relatif lebih mudah, yaitu dengan menggunakan efek layer style.
Seperti judul di atas, objek utama yang digunakan adalah
seekor anjing sedang termenung sendiri dan menatap langit, seperti preview gambar di samping.

Untuk mempelajari bagaimana cara membuat gambar seperti di atas, mulai dari mengubah warna gambar dan membuat langit menjadi merah menyala akan dijelaskan tahap demi tahap dengan jelas dan mudah dimengerti.






Berikut ini langkah langkahnya.

Sebelumnya simpan gambar-gambar yang digunakan dalam tutorial ini

Tahap 1: Menyiapkan gambar pertama.
Buka gambar pertama yang sudah anda siapkan  yaitu gambar langit, gambar ini selanjutnya akan digunakan sebagai latar belakang.

Selanjutnya, buat dokumen baru atau bisa langsung mengubah ukuran image gambar kedua tadi dengan mengatur atau mengubah ukuran canvas size (bukan image size), dengan ukuran atau dimensi sebagai berikut: 1575 x 1969 pixel (atau 40x50cm), dengan resolusi 100 pixel/inch atau lebih besar lagi. Atur posisi dan ukuran gambar tersebut menjadi seperti ini.

Catatan:
Sebelum mengubah ukuran atau canvas size, ubah background menjadi layer atau layer from background, caranya klik kanan pada tab layer background, kemudian pilih layer from background, atau cukup dengan double click layer background tersebut, kemudian ok. Cara ini digunakan  agar nantinya background gambar tidak mengikuti ukuran canvas.

Tahap 2: Menambahkan gambar kedua.
Selanjutnya adalah mengubah warna gambar 2 tersebut menjadi hitam putih, caranya: Pilih/buka menu image - adjutsments  - black & white.


Setelah itu ubah lagi warnanya menjadi warna orange atau kemerah-merahan dengan menggunakan fungsi atau perintah color balance ( image-adjustments-color balance). Dengan pengaturan sebagai berikut: Color levels: +100, 0, -100, atau lihat gambar berikut.


Untuk tahap selanjutnya, masih menggunakan perintah pada image adjutments, kali ini gunakan curve (atau tekan CTRL M), kemudian atur menjadi seperti gambar di bawah ini.


Hasilnya kurang lebih menjadi seperti ini


Masukkan gambar 2 tadi kedalam lembar kerja atau dokumen yang terdapat gambar langit pada tahap 1 di atas, atur ukuran dan posisinya kira-kira seperti ini.


Hapus background warna putih pada gambar bukit tersebut sehingga menjadi seperti ini.


Tahap 3: Menambahkan gambar berikutnya (gambar ketiga)
Pertama kali yang kita lakukan dengan gambar ke-3 ini adalah menghapus backgroundnya. Adapun cara menghapusnya tidak perlu dijelaskan lagi di sini karena saya yakin anda sudah mengetahui caranya.


Sama seperti gambar 2 di atas, gambar ketiga atau gambar seekor anjing ini juga kita masukkan kedalam lembar kerja utama yang sudah saya singgung sebelumnya. Setelah itu atur semuanya hingga menjadi seperti ini.


Tahap 4.
Gunakan gambar 2 untuk menutupi bagian kaki anjing tersebut dengan menduplikasi layer gambar 2 (gambar bukit) tersebut, kemudian potong atau hapus bagian atasnya dengan polygonal lasso tool, atau eraser tool (dengan setting hardnsess: 100%). Kemudian atur posisinya menjadi seperti contoh gambar dibawah ini (lihat gambar dengan tampilan inverse)



Tahap 5: Mengubah warna anjing.
Untuk mengubah warnanya, caranya sama seperti yang kita terapkan pada gambar 2 di atas, yaitu dengan curve (Ctrl M), Lihat pengaturannya pada gambar, atau sesuaikan dengan selera masing-masing.



Tahap 6
Tahap ini adalah mengubah latar belakang gambar langit dengan menggunakan motion blur, caranya: Pilih atau buka menu filter, kemudian pilih blur, lalu pilih motion blur, atur posisi angel = 34 derajat dan distance = 38 pixels, atau bisa menyesuaikan.



Tahap 7: Mengatur pencahayaan pada background
Oke, kita melangkah ke tahap berikutnya. Copy atau duplikat layer gambar langit, kemudian atur posisi layer duplikat tadi berada paling atas. Untuk mengubah posisi layer tersebut menjadi paling atas gunakan tombol keyboard, caranya tekan Ctrl+Shif+]


Selanjutnya Pilih/aktifkan layer atau gambar hasil duplikat tadi kemudian buka menu Filter-pixelate-pointillize, cell Size :3


Hasilnya menjadi seperti ini.
Jika ingin hasil yang berbeda, silahkan ubah cell size-nya sesuai keinginan.

Selanjutnya kita gunakan efek motion blur dengan setting: Angle = 45 derajat, distance = 70 pixels, hingga menjadi kurang lebih seperti ini.



Posisi layer yang aktif masih pada duplikat layer tadi, selanjutnya ubah style layer dari normal menjadi color dodge dan opacitynya menjadi 50 persen.


Hasilnya menjadi seperti gambar di bawah ini. Silahkan bereksperimen dengan menggunakan style yang berbeda untuk  hasil yang berbeda dari contoh di sini.


Tahap 8: Finishing.
Untuk tahap ini saya serahkan pada kreatifitas anda masing-masing, sebagai contoh berikut ini adalah dengan menambahkan efek poster edges yang terdapat dala menu Filter. Untuk menggunakan efek-efek yang lain, silahkan buka menu filter - filter gallery.

efek foto
Hasil akhir dengan efek poster edges






1 comment:

  1. Manteep gan...membuat efek foto memang memerlukan suatu imajinasi yang tinggi bagi sang pembuatnya.
    baca juga semoga bermanfaat Cara cepat memutihkan kulit tubuh

    ReplyDelete