May 26, 2012

Pin It

Cara membuat manipulasi foto "harimau memakai baju besi" menggunakan photoshop

grafisae
Kali ini anda akan mempelajari tentang teknik atau trik membuat suatu gambar fantasy (khayalan), yaitu seekor harimau yang memakai baju perang atau baju besi seolah-olah sedang dalam peperangan. Pada dasarnya tutorial ini cukup simpel yaitu dengan merangkai potongan-potongan yang digunakan sebagai baju zirah tersebut yang
kita ambil dari gambar robot,
jadi istilah kasarnya mempreteli onderdil robot tersebut kemudian dibawa ke bengkel untuk dimodifikasi (sorry becanda).

Walaupun cukup simpel, didalam pengerjaannya dibutuhkan ketelitian dan kesabaran karena potongan-potongan yang akan kita rangkai tersebut lumayan banyak, mulai dari ujung kepala sampai ujung ekor (kalau manusia kan ujung kaki :D).

Sedikit tips bagi yang ingin menggunakan gambar lainnya sebagai objek, cari gambar yang sesuai dengan imajinasi anda kemudian tentukan bagian-bagian mana saja yang akan digunakan. Sebagai contoh saat membuat tutorial ini, saya mencoba gambar lainnya seperti anjing, serigala dan sapi namun dikarenakan tidak sesuai dengan gambar kedua (gambar robot) akhirnya pilihan jatuh pada gambar harimau. Gambar yang tidak sesuai seperti yang saya sebut di atas adalah dari sudut pengambilan gambar tersebut saat difoto atau posisi dan ekspresinya.

Gambar yang digunakan adalah sebagai berikut:

Oke, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Tahap 1.

Menyiapkan kedua gambar yaitu gambar harimau dan gambar robot, atau objek A (harimau) dan objek B (robot).

Tahap 2: Membuat penutup kepala.

Bagian yang akan digunakan adalah bagian pundak sebelah kiri objek B, caranya dengan menggunakan polygonal lasso untuk mengambil bagian yang dituju, kemudian copy dan paste kedalam objek A..


Putar (rotate) potongan tadi kemudian taruh atau letakkan di bawah telinga objek A seprti ini.


Selanjutnya menduplikasi potongan tadi menjadi 3 (2 hasil duplikat dan 1 potongan awal) yang selanjutnya kita sebut pot 1 dan pot 2 untuk hasil duplikat tersebut.
Berikutnya pot 1 tadi kita putar (rotate) dengan menggunakan perintah transform (free transform atau flip vertical), atur posisinya seperti ini.


Untuk pot 2 ambil bagian ujungnya saja dengan menghapus atau memotong bagian yang tidak terpakai dengan eraser. Posisi layer: Potongan awal berada paling atas (di atas layer pot 1 dan pot 2).

Selanjutnya duplikat pot 2 tersebut dan duplikatnya kita sebut pot 3. Atur posisi pot 3 tersebut menjadi seperti ini.


Agar tidak menutupi mata harimau, hapus bagian pot 3 yang menutupi mata tersebut.

Tahap 3.

Selanjutnya duplikat lagi potongan awal tadi dan kita namakan pot A, potong bagian pot A tersebut seperti gambar di bawah, kemudian duplikat dan hasil duplikat tadi kita sebut pot B. Atur posisi keduanya (pot A dan pot B) menjadi seperti ini (lihat panah wana biru dan merah untuk posisi dari keduanya).



Tahap 4: Menambahkan tanduk atau cula.
Kita menuju ke objek B, lihat gambar berikut ini untuk bagian lengan dan jari kanan objek B yang akan kita gunakan sebagai penutup dahi (pot D) beserta tanduknya (pot X).


Potong atau hapus lagi bagian pot D (lihat gambar). Untuk menyesuaikan posisi keduanya, gunakan fungsi transform.



Tahap 5: Penutup pipi dan mengubah warna mata.

Untuk menutupi bagian pipi objek A, ambil dari pundak sebelah kiri objek B tadi. Lihat gambar untuk posisi atau letaknya.
Sedangkan untuk mengubah warna mata caranya seperti tutorial membuat soft lense yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


Alternatif lainnya yaitu dengan menduplikasi bagian mata harimau tersebut, kamudian mengubah warnanya dengan hue/saturations atau color balance. Sesuaikan posisi atau letak semua potongan tersebut serapi mungkin, atur juga posisi layer masing-masing potongan. Dan kurang lebih hasilnya menjadi seperti berikut ini.



Tahap 6: Bagian leher / punggung atas.

Ambil atau copy bagian kaki kanan atau tepatnya bagian lutut objek B, potongan (pot T) ini juga akan digunakan pada bagian ekor dan kaki belakang harimau pada tahap berikutnya.
Setelah merapikan atau menghaluskan bagian pinggir potongan yang masih kasar, selanjutnya duplikat dan potong bagian yang tidak dipakai (lihat gambar).



Seperti gambar di atas, pot T1 tersebut kita duplikat menjadi 5 atau 6 (silahkan lebih dari jumlah tersebut jika ingin membuatnya berbeda). Atur posisi dengan fungsi transform (Ctrl T) dan rangkai menjadi seperti ini.


Selanjutnya menggunakan potongan lainnya dari objek B, tepatnya kaki kiri robot atau bagian bawah lutut. Potongan ini (pot E) nantinya juga akan digunakan untuk menutupi bagian objek A lainnya (sekitar pinggul).



Duplikat pot E tadi menjadi menjadi 3, seperti gambar di bawah, bagian yang dipotong serta posisi pot E1 dan pot E2 adalah seperti ini.


Untuk membuatnya lebih gelap, gunakan fungsi image adjutsments - curve (Ctrl M). Sedangkan untuk bagian atas punggung kita menggunakan atau menduplikatnya dari tanduk atau cula yang sudah kita buat pada tahap sebelumnya (lihat tahap 4).



Preview hasil lengkapnya seperti ini.

Tahap 7: Memasang gelang di kaki depan.

Ambil bagian kaki kiri robot (objek A), kemudian potong atau hapus bagian yang tidak terpakai dengan mengunakan elliptical marquee. Lihat gambar.


Atur posisi dan ukurannya (Ctrl T). Untuk gelang kaki bagian dalam atau kaki kiri, posisi atau rotasinya kebalikan dari gelang kaki bagian luar (kanan). Gunakan transform distort jika diperlukan.



Tahap 8: Bagian Punggung.

Cara membuatnya dengan mengambil atau menduplikasinya dari potongan (kita sebut pot PG) dan memotong/menghapus bagian yang tidak diperlukan.


Berikut ini keterangan dalam gambar bagian-bagian pot PG yang digunakan.


Keterangan:
Duplikat menjadi 3 bagian dan masing-masing potongan tersebut ambil bagian tertentu saja.
  1. Potongan yang digunakan dan posisi letaknya.
  2. Memotong bagian yang tidak diperlukan dan menduplikatnya menjadi 3 bagian, kemudian gabung ketiganya dengan link layer.
  3. Sama seperti nomor 2 diatas, duplikat menjadi 2 dengan ukuran berbeda antara keduanya. 
 Lihat preview di bawah ini untuk hasilnya.



Tahap 9.

Untuk tahap ini, gunakan bahan atau potongan yang digunakan pada tahap 8 sebelumnya tadi. Lihat bagian-bagian yang digunakan serta jumlah duplikasinya seperti gambar ini.


Untuk gambar bagian atas, nomor 1,2 dan 3 saya gunakan warna berbeda agar terlihat jelas letak atau posisi masing masing potongan.



Tahap 10: Bagian pinggul dan kaki belakang.

Sebelumnya lihat gambar berikut ini. Klik pada gambar untuk memperbesar tampilannya.


Keterangan:

  • Gambar X: Gambar yang sama seperti yang kita gunakan untuk punggung atas (lihat tahap 6, pot E).Atur posisinya seperti gambar di atas. 
  • Gambar 1: Pot 1 pada tahap 1 (bagian penutup kepala) yang diduplikasikan menjadi 3 dan merangkainya serta mengatur posisinya seperti gambar.
  • Gambar 2: Menggunakan Pot T (lihat tahap 6). Sedangkan untuk gambar A dan B juga menggunakan potongan sebelumnya yang sudah diduplikasikan. 

Lihat gambar di bawah ini untuk detail letak dan posisi masing-masing potongan.


Tahap 11: Bagian Ekor.

Caranya sama seperti pada tahap 6 di atas (bagian lehar dan punggung atas).
Untuk mengatur posisinya yaitu dengan menggunakan fungsi transform pada masing-masing objek.


Untuk bagian ujung ekor, gunakan atau ambil dari objek B (gambar robot) pada bagian seperti gambar di bawah ini.


Setelah menghaluskan potongan yang masih kasar, atur posisinya seperti ini (kiri atas).


Ingat, posisi harus tepat atau kurang lebih seperti gambar di atas, karena posisi yang berbeda akan mempengaruhi hasil pada langkah selanjutnya.
Selanjutnya gunakan fungsi polar coordinates untuk mengubahnya, caranya buka menu filter, kemudian pilih distort, pilih yang Rectangular to polar. Hasilnya seperti berikut ini.


Setelah itu, gunakan perintah transform distort untuk membuatnya seperti ini.


Gunakan fungsi tersebut (distort) berulang kali jika hasil yang didapt masih kurang sesuai kemudian atur posisinya kurang lebih seperti ini.



Tahap 12: Mengubah warna objek A (harimau).

Sebelum mengedit objek A, silahkan duplikat layer tersebut untuk mengantisipasi jika ada kesalahan pada waktu mengeditnya. Selanjutnya hapus backgroundnya agar nantinya bisa membuatnya dengan background lain sesuai selera. Jika sudah selesai menghapus background objek A tersebut, langkah selanjutnya mengatur image adjustments-nya dengan hue/saturation.
Pengaturannya sebagai berikut: Hue: -12, Saturation: +41, Lightness: 0, atau menyesuaikan.


Tahap 13: Menambahkan bayangan (shadow).

Caranya dengan menggunakan brush tool. Buat layer baru tepat di atas layer objek A (gambar harimau), kemudian sapu/usap bagian-bagian tertentu seperti di gambar berikut ini.


Untuk setting opacity bisa dengan menggunakan settingan opacity brush atau opacity layer. Atau menggunakan cara seperti yang saya terapkan yaitu dengan mengubah opacity layer, caranya: atur warna brush ke waran hitam, kemudian sapu bagian-bagian atau titik tertentu pada gambar, kemudian kurangi presentase opacity layernya (50% atau lebih kecil lagi). Gunakan eraser untuk menghapus bagian yang tidak diperlukan. Posisi atau titik dimana bayangan tersebut dibuat.

Hasil brush jika dilihat secara keseluruhan.


Thats All! Simpan dan lihat hasilnya.



Tahap Lanjutan. 
Untuk tahap ini sifatnya optional. Karena anda bisa membuat versi yang berbeda. Apabila ingin membuat seperti versi dalam tutorial ini, berikut langkah-langkahnya.
  • Simpan dokumen tersebut dengan format/ekstensi PNG transparan. 
  • Buka gambar 3 atau background yang siap pakai yang sudah saya sertakan pada link gambar di atas. Jika sudah, masukkan gambar harimau yang sudah jadi tersebut ke dalam gambar 3.
Untuk pengaturan warna gambar harimau tersebut adalah sebagai berikut:
  • Menggunakan fungsi unsharp mask (menu filter-sharpen-unsharp mask) Brightness/Contrast untuk membuatnya agak gelap, gunakan juga fungsi curve (Ctrl M) jika diperlukan. Atau lihat tutorial bali dancer (tahap 1) sebelumnya.
  • Hapus bagian-bagian pinggir jika diperlukan untuk menghilangkan garis tepi agar bisa menyatu dengan background.
  • Selesai. 
tutorial photoshop
Hasil akhir

2 comments:

  1. makasih bayak gan buat tutornya,,, nice post..

    http://acemaxsok.com/

    ReplyDelete