Jun 12, 2012

Pin It

Trik Rasterize layer menggunakan Merge layer

Rasterize/ Rasterizing bisa diartikan proses mengubah gambar atau teks ke dalam data bitmap. Atau seperti kutipan dari photoshop help yang artinya kurang lebih begini:
"Kamu tidak dapat menggunakan painting tool atau filter pada layer yang berisi data vektor (seperti layer teks, shape layers, vector masks, atau Smart Objects) dan generated data (seperti fill layers).

Namun, kamu dapat rasterize layer tersebut untuk mengubahnyaa menjadi flat, raster image.".


Di dalam photoshop kita biasa menggunakannya untuk mengubah teks atau shape.
Selain dengan cara default yang menggunakan perintah 'rasterize layer/type', ada beberapa trick lainnya seperti berikut ini.


Rasterize teks & Shape
Mungkin anda biasa menggunakan perintah 'rasterize type' yang terdapat pada menu layer atau dengan meng-klik kanan layer bersangkutan. Akan tetapi jika layer teks tersebut lebih dari satu atau dua, anda bisa bayangkan jika layer tersebut berjumlah 10 atau mungkin 100 yang akan di-rasterize dan harus 'mengklik kanan - rasterize layer/type' berulang-ulang. Ada cara lain agar lebih efisien dan menghemat waktu, yaitu dengan menggabung semua layer tersebut menjadi satu (merge layer).

Bagaimana cara menggabungnya?
  • Jika hanya terdapat layer teks saja tanpa ada layer lain (gambar atau objek lainnya), gunakan bantuan tombol SHIFT, klik layer paling atas, kemudian tekan dan tahan tombol 'Shift' kemudian klik lagi layer teks paling bawah (di atas layer background), kemudian tekan CTRL E untuk menggabungnya.
  •  Jika ada layer lainnya (bukan layer teks), gunakan tombol 'Ctrl' atau gunakan 'Shift' dengan lebih dulu mengatur posisi layer selain teks berada paling atas atau paling bawah.
Untuk memilih semua layer dengan jenis yang sama bisa dengan menggunakan 'select similar layers' yang akan saya jelaskan pada trik berikutnya.
Di bawah ini adalah contoh 'layer teks' dengan jumlah layer yang banyak.

Contoh sebelum digabung
 Setelah digabung (merge layer), kita bisa membuatnya menjadi seperti ini dengan menggunakan transform warp dan beberapa efek lainnya.

Setelah digabung


Teks atau gambar dengan efek 'Layer Style'.
Mungkin istilahnya bukan rasterize untuk mengubah objek atau gambar dengan efek layer style di dalamnya, karena memang tidak ada menu rasterize untuk pada layer atau gambar yang diberi efek layer style.
Trik ini bisa digunakan jika kita ingin menambahkan 'layer style' lagi dengan efek dan pengaturan (setting) yang berbeda-beda. Caranya adalah seperti ini:
  • Buat layer baru dan biarkan kosong
  • Atur posisi layer kosong tersebut berada di bawah layer teks yang akan dirasterize.
  • Pilih/aktifkan dua layer tersebut. Caranya sama seperti jika kita memilih suatu file atau folder tertentu yang diinginkan dalam windows explorer. Kemudian tekan CTRL E (keyboard).
Contoh.
Misalnya kita membuat tulisan dengan layer style bevel and emboss, angle 90 derajat, kemudian menambahakan drop shadow dengan angle (arah/sudut bayangan) 45 derajat.
Apa yang terjadi?
Yang terjadi kemudian adalah 'angle' bevel and emboss juga ikut berubah mengikuti 'angle drop shadow' tersebut.

Atau jika ingin menambahkan efek layer style yang sama tetapi dengan pengaturan yang berbeda, misalnya menambahkan lagi efek drop shadow.

Apakah bisa menambahkan layer style yang sama?
Jawabannya tidak bisa.
Terus bagaimanan caranya supaya bisa?
Caranya adalah menggabungnya dengan layer kosong.
Bagaimana cara menggabungnya?
Buat 'layer baru' di bawah layer yang akan dirasterize, pilih/aktifkan kedua layer tersebut kemudian tekan 'Ctrl E'.

Di bawah ini adalah contoh penerapan trik di atas.

Gambar 1

Gambar 2

Keterangan:
Gambar 1 adalah contoh dengan menerapkan 2 layer style 'drop shadow' sekaligus, dengan 'angle' dan warna bayangan berbeda.
Gambar 2 adalah dengan menerapkan 2 layer style 'outer glow' dengan warna berbeda, demikian pula 'blend mode' yang berbeda serta menambahkan 'countur' pada 'outer glow' yang kedua, dan ditambah lagi dengan layer style 'bevel and emboss.

No comments:

Post a Comment