Jun 14, 2012

Pin It

Trik Select Layer, Load Selection, dan fungsi tombol keyboard dalam Photoshop

Berikut ini adalah trik-trik lain yang bisa digunakan untuk mempermudah anda dalam menggunakan photoshop. Dan dari sekian banyak trik yang ada, saya akan menjelaskan beberapa hal yang yang secara umum sering kita gunakan, seperti menyimpan dokumen (save as), membuka file (open dan open as), dan masih banyak lagi.
Sebagian besar perintah tersebut menggunakan bantuan tombol keyboard, dan pada umumnya yang kita gunakan adalah tombol CTRL. ALT, dan SHIFT.

Berikut ini beberapa cara untuk mempercepat kerja anda sehingga bisa menghemat waktu dalam mengerjakan beberapa pekerjaan anda.



Memilih atau mengaktifkan Layer (Select Layer)

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan layer yaitu:

  • Memilih atau klik langsung pada 'tab layer'.

Mungkin cara ini tidak perlu saya jelaskan lebih detail lagi karena anda sudah mengetahuinya. Atau bisa juga dengan mengaktifkan 'Auto select layer'  sehingga bisa langsung klik layer yang akan dipilih.




  • Klik kanan pada lembar kerja

Cukup klik kanan pada gambar atau objek pada lembar kerja, kemudian pilih daftar layer yang muncul pada jendela pop-up.

  • Menggunakan tombol 'Ctrl'.

Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol 'Ctrl', kemudian klik objek atau gambar pada lembar kerja. Contoh: Misalnya anda ingin menggeser atau mengubah posisi objek atau gambar, tekan dan tahan 'Ctrl' kemudian klik lalu geser (drag) objek yang anda inginkan tersebut.

Untuk memilih beberapa layer sekaligus bisa ditambah dengan menekan tombol 'Shift', caranya adalah seperti ini: Tekan dan tahan tombol 'Ctrl' lalu klik/pilih objek, untuk memilih objek atau layer lainnya tekan tombol 'shift' dan pilih layer yang ingin anda inginkan (posisi masih menekan tombol Ctrl).

Membuat dokumen baru, membuka file, dan menyimpan file dengan bantuan keyboard.

Secara umum yang biasa kita gunakan untuk membuka file adalah dengan membuka 'menu file' dan kemudian memilih 'open', atau cara lebih cepat lagi dengan tombol 'CTRL+O', atau anda bisa lihat pada macam-macam shortcut dalam photoshop pada artikel sebelumya.

  • Ctrl + Double Click: Membuat dokumen baru.

Selain Ctrl+N, ada lagi cara cepat (shortcut) untuk membuat file baru, yaitu dengan menggunakan tombol Ctrl+Double klik. Caranya sangat mudah, tekan dan tahan tombol 'Ctrl', kemudian klik dua kali (double klik) pada area kosong dalam photoshop.

  • Alt + Double Click: Open as.

Digunakan untuk membuka file photoshop (PSD) dan sekaligus mengubah file tersebut dengan format atau ekstensi gambar yang berbeda, seperti jpeg, BMP, dan lain-lain. Selain menggunakan menu untuk membukanya, ada cara yang lebih cepat lagi yaitu dengan double klik disertai dengan menekan tombol 'Alt'. Caranya sama seperti cara membuat dokumen baru di atas.

  • Shift+Alt+Double Click: Menyimpan dokumen baru (save as)

Selain menggunakan Ctrl+Shift+S, Cara lainnya yaitu dengan menekan 'Ctrl+Alt+Double Click',  atau bisa juga dengan Ctrl+Shift+Double Click. dan anda sendiri bisa menentukan cara mana yang menurut anda lebih cepat dan efektif.

Catatan :
Trik-trik tersebut bisa diterapkan pada adobe CS3 ke bawah (pada waktu membuat tutorial ini, saya menggunakan CS3) dan tidak berfungsi pada adobe CS5 ke atas.

Select Similar Layer

Cara ini bisa digunakan untuk memilih layer dengan jenis yang sama. Misalnya, dokumen atau lembar kerja yang anda buat berisi beberapa layer teks, beberapa shape, dan beberapa gambar. Sebelumnya lihat gambar di bawah ini.

trik photoshop

Pada contoh gambar di atas terdapat 10 layer (selain background). Dan dari 10 layer tersebut ada 3 jenis layer, yaitu Shape, layer teks, dan layer gambar (kotak warna biru merah).

Untuk mengaktifkan semua layer dengan jenis yang sama, kita bisa menggunakan 'select similar layers'. Caranya cukup dengan klik kanan layer yang akan dipilih, kemudian pilih 'select similar layers'.
Gambar di bawah ini adalah hasilnya.



Load Selection dengan menggunakan bantuan tombol 'Ctrl'.

Selain menggunakan menu 'Select - Load selection', cara lain dan cepat adalah dengan klik 'Layer thumbnail' sambil menekan tombol 'Ctrl'.
Caranya adalah seperti ini: Tekan dan tahan tombol 'Ctrl', kemudian klik 'Layer thumbnail'  objek atau gambar yang akan di load selection. Jika anda belum mengetahui yang mana yang diklik (layer thumbnail), lihat gambar di bawah ini.


Setelah load selection

That's All. Selamat mencoba dan semoga trik-trik di atas bisa bermanfaat untuk anda.

3 comments:

  1. artikel yang sangat menarik untuk disimak, gaya bahasanya lugas, ringkas dan gampang dicerna, bermanfaat sekali buat pembaca yang memang butuh informasi ini, terima kasih sudah mau berbagi, salam sukses selalu, amin.

    ReplyDelete
  2. terimakasi admin,ertikelnya sangat membantu dan mendidik

    ReplyDelete